Sidang terbuka berlangsung di ruang rapat utama gedung rektorat UNIB dan ketujuh penguji itu adalah Dr. Ridwan Nurazi, M.Sc, Prof. Lizar Alfansi, Dr. Syaiful Anwar AB, dan Dr. Effed Darta Hadi, Prof. Armanu Thoyib, Prof. Kamaludin, dan Dr. Darmansyah. Sidang ini juga dihadiri keluarga dan kolega Ansori Tawakal serta undangan lainnya.

“Setelah menimbang berbagai aspek akademik dalam ujian tertutup maupun ujian terbuka pada hari ini. Kami memutuskan Saudara Ansori Tawakal lulus dengan Sangat Memuaskan dan berhak menyandang gelar Doktor mulai detik ini,” demikian diungkapkan Tim Penguji, Prof. Lizar Alfansi yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB.

Anzori Tawakal mengaku sangat puas dengan keputusan ini dan dirinya merasa terharu serta mengucapkan terimakasih kepada keluarga, sanak family, sahabat dan kolega yang telah mensupportnya untuk mendapatkan gelar Doktor ini.

“Saya juga mengucapkan terimakasih kepada almamater UNIB yang telah meluluskan dan memberikan gelar akademik ini,” ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkulu Tengah ini.

Program Doktor (S3) Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB dilaunching Desember 2013 lalu. Program ini merupakan Program Doktor Ilmu Manajemen pertama di Sumatera yang bersifat mandiri, bukan program kerjasama.

Saat peresmian program doktor ini, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIB Prof. Dr. Lizar Alfansi, mengaku sangat bahagia. Sebab, selain dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pendidikan masyarakat, program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing dalam menghadapi pemberlakuan pasar bebas ASEAN (AFTA) 2015, dan internasionalisasi perguruan tinggi, khususnya mendorong UNIB menjadi universitas  berkelas dunia pada 2025.